Larangan Mudik, Terminal Mandala Rangkasbitung Sepi Penumpang

0
23

Kanalbanten.id/news, Lebak – Jelang hari raya idul fitri 1442 hijriah, kondisi terminal Bus Mandala Rangkasbitung Kabupaten Lebak terlihat begitu sepi. Karena, pemerintah sejak 6 -17 Mei sudah memberlakukan larangan untuk mudik.

Berdasarkan pantauan dilokasi, hanya terlihat mobil – mobil angkot dan elf yang terparkir diarea terminal sembari menanti datangnya penumpang. Bahkan, tak terlihat satu pun bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang memarkir di area terminal.

Kepala Terminal Mandala Rangkasbitung, Muksin mengatakan, sepinya pengunjung bukan saja berdampak kepada sopir bus AKAP saja. Melainkan, kendaraan angkot pun ikut terkena dampak. Hak itu terjadi lantaran aktifitas kereta api turut dihentikan sementara.

” Bukan saja bus tapi angkot juga kena dampak. Karena kan biasanya antar jemput penumpang yang ke stasiun tapi karena dihentikan aktivitas kereta api ya jadi kena dampak juga,”kata Muksin, Rabu (12/5/2021)

Diakuinya, sebelumnya para sopir melakukan aksi demonstrasi kepada petugas terminal. Namun, hal itu tidak bisa merubah atas apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat.

” Kemarin sempat melakukan aksi para sopir. Tapi itu kan udah jadi kebijakan pusat tidak bisa dibagaimanakan lagi. Jadinya ya bisa menerima tapi,”ucapnya.

Padahal, biasanya menghadapi lebaran H-1 ini, ia mengakui kepadatan penumpang dan keluar masuk kendaraan di areal terminal selalu melonjak. Namun, sejak adanya pandemi covid secara drastis merubah aktivitas yang biasanya ramai.

“Biasanya mobil yang jurusan Malingping – Rangkasbitung, dan yang lain itu selalu ramai saja disini penumpang nya pun tifak pernah sepi. Tapi, dengan larangan mudik ini sekarang berubah drastis,” tandasnya.(syam/ars)