Bareng Kapolda Banten, Andika Dampingi Kapolri Tinjau Vaksinasi di Pandeglang

0
118

Pandeglang, Kanalbanten.id/news – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy bersama Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mendampingi kunjungan kerja Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo ke Kabupaten Pandeglang pada Selasa, 22 Februari 2022. Selain meninjau vaksinasi Covid 19 di gedung BPSDM Provinsi Banten di Karang Tanjung, kapolri juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga di Pasar Badak.

“Vaksinasi hari ini dihadiri para ulama yang tentu saja ini sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid 19,” kata Kapolri dalam konferensi pers usai acara. Selain Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto dan Wagub Banten Andika Hazrumy, tampak mendampingi Kapolri, Anggota Komisi III DPR RI Dapil Banten I Adde Rosi Khoerunnisa, Bupati Pandeglang Irna Narulita dan para tokoh ulama Banten seperti Abuya KH Muhtadi Dimyati dan Ketua MUI Banten KH Tb Mahdi Ma’ani.

Diungkapkan Kapolri, percepatan vaksinasi yang dilakukan pemerintah saat ini sangat penting dilakukan, mengingat angka Covid-19 khususnya varian Omicron masih tinggi. “Tentunya kita harus tetap waspada tapi tak perlu takut dan salah satunya yang terus kita gencarkan bagi masyarakat yang belum vaksin agar mau melaksanakan vaksin,” ujar Kapolri.

Lebih jauh Kapolri menekankan, seluruh pihak tidak boleh lengah ataupun abai dalam pengendalian Pandemi Covid-19. Untuk itu, perlu soliditas dan kekompakan semua elemen, baik stakeholder terkait maupun masyarakat. “Indonesia sudah berada di urutan keempat dunia untuk vaksinasi. Dan harapan kita sebentar lagi bisa ketiga atau kedua dengan kerja sama kita semua,” tuturnya.

Akselerasi vaksinasi tersebut, lanjutnya dilakukan guna membentuk kekebalan kelompok. Hal Ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat dan juga pertumbuhan ekonomi. “Harapan kita dengan semua yang kita lakukan bisa menjaga ekonomi kita bertumbuh dengan baik, tingkat inflasi kita jaga dan ini perlu dukungan dari masyarakat dan seluruh stakeholder,” paparnya.

Sementara itu Wagub Banten Andika Hazrumy mengaku mengapresiasi Polri dan juga semua pihak seperti TNI yang telah membantu upaya percepatan vaksinasi yang tengah dilakukan pemerintah saat ini. “Sekali lagi kami menyampaikan apresiasi untuk Polri dan tentu saja semua pihak yang telah membantu upaya pemerintah termasuk pemerintah daerah dalam melakukan percepatan vaksinasi saat ini,” kata Andika.

Andika mengungkapkan capaian vaksinasi di Provinsi Banten sendiri data terakhir menunjukkan untuk dosis 1 masyarakat umum sudah mencapai 89,7% dan dosis kedua mencapai 62, 1%. Adapun untuk booster yang pada tahap awal ini diutamakan bagi tenaga kesehatan, angkanya sudah mencapai 4 %.

Berikutnya, Andika menambahkan, untuk vaksinasi lansia angkanya sudah mencapai 84,8 dosis pertama dan 51,1 % dosis keduanya. Untuk vaksinasi anak sendiri, kata Andika, dosis 1 mencapai angka 60,5 persen dan dosis duanya mencapai 28,4 persen.[Ars]