7 Perbedaan Infinix Hot 9 dan Infinix Hot 9 Play

0
48
[Foto Istimewa]

Kanalbanten.id/news, Serang – Anda yang menyukai jenis hp terjangkau namun memiliki kualitas yang wow pasti tahu dengan brand hp Infinix. Hp yang terkenal sebagai produk entry-level ini kini sudah banyak penggemarnya. Ya apalagi, sebabnya ya itu tadi, harganya terjangkau dengan spesifikasi yang luar biasa.

Salah satu produk Infinix yang memiliki spesifikasi bagus tersebut adalah hp Infinix Hot 9, dan lalu diikuti dengan ‘adiknya’ yang diberi nama Infinix Hot 9 Play. Keduanya sama-sama bagus. Akan tetapi karena namanya yang mirip, banyak orang dibuat bingung. Apa sih perbedaan keduanya? Berikut ini perbedaan antara Infinix Hot 9 dan Infinix Hot 9 Play.

  1. Ukuran Layar

Kedua hp ini merupakan favoritnya para gamer. Sebab walaupun harganya murah, speknya lumayan gahar. Jadinya, bermain game atau pun menonton sangatlah dimanjakan dengan menggunakan hp ini.

Infinix Hot 9 menggunakan layar IPS LCD yang berukuran 6,6 inci. Sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan layar Hot 9 Play yang ukurannya 6.82 inci. Di mana Hot 9 beresolusi 720 x 1600 piksel dengan kerapatan 266 ppi. Ada pun Hot 9 Play memiliki resolus 720 x 1640 piksel, namun memiliki kerapatan 263 ppi.

Keduanya memang sedikit berbeda di segi layar. Akan tetapi keduanya tetap lebih besar dari 6,5 inci. Ini memberi jaminan bahwa keduanya memang layak masuk ke golongan hp zaman now. Ber-layar mentereng namun ber-harga di kelas 1 jutaan.

  1. Sistem Operasi

Infinix Hot 9 dan Infinix Hot 9 Play merupakan hp yang beroperasi menggunakan Android. Akan tetapi, android yang digunakannya berbeda. Infinix Hot 9 mengusung XOS 6.0 yang berbasis Android 10. Dengan jenis android ini, Infinix Hot 9 melakukan berbagai aktivitas dengan lancar. Misalnya saja fitur Dark Mode. Di android jenis ini, dia bisa diaktifkan di seluruh sistem dengan sekali tap saja. Kemudian juga pengaturan push notification, dan lain sebagainya.

Nah Infinix Hot 9 Play, dibekali Android 10 juga, tetapi dalam edisi yang berbeda. Hot 9 Play mengusung dengan Android 10 Go Edition. Sebuah perangkat yang beroperasi ringan dan cocok menjalankan hp yang memiliki RAM kecil.

Android 10 Go Edition ini sebenarnya sama saja dengan Android 10 biasa. Aplikasi-aplikasi populer yang kita kenal juga kini sudah banyak versi Go Editionnya. Misalnya saja YouTube Go atau Google Assistant Go. Keduanya tetap menjalankan fungsinya seperti biasa, bukan?

Nah begitu juga dengan Android 10 Go Edition. Karena mampu menjalankan fungsinya secara lebih ringan dan lancar, maka dia disebut sebagai kelebihan dari Infinix Hot 9 Play. Layaknya Youtube Go yang selalu lancar, Android 10 Go juga mampu menjalankan operasi hp dengan cepat tanpa ngelag. Sekali pun di RAM kecil.

  1. Chipset

Yang berbeda lainnya dari Infinix Hot 9 dan Infinix Hot 9 Play adalah bagian chipset. Jika Infinix Hot 9 menggunakan Helio A25, maka Hot 9 Play hanya menggunakan Helio A22. Dugaannya sih, hal ini terkait pada masalah harga. Infinix Hot 9 Play menggunakan Helio A22 supaya harga rilisnya bisa ditekan. Sekali pun Helio A22 ini berada di bawah Helio A25. Padahal biasanya, produk terbaru memiliki spesifikasi yang lebih unggul dari produk yang sebelumnya.

  1. Jumlah Kamera

Layaknya hp kekinian, baik Infinix Hot 9 atau pun Infinix Hot 9 Play, keduanya membawa dua jenis kamera, yakni kamera depan dan juga belakang. Pada Infinix Hot 9, kameranya menggunakan lensa-lensa yang sangat memfasilitasi kebutuhan fotografi. Ada bagian kamera yang memiliki resolusi 13 MP, 2 MP (makro), dan 2 MP (kedalaman). Dengan menggunakan QVGA yang bertindak sebagai sensor minim cahaya.

Beda varian memori, berbeda pula resolusi kamera utamanya. Di mana pada varian memori 128 GB, resolusi kameranya sebesar 16 MP. Nah pada Infinix Hot 9 Play, kameranya hanya menggunakan AI Dual Camera yang memiliiki resolusi 13 MP dan QVGA saja.

Akan tetapi, walaupun begitu, baik Infinix Hot 9 atau pun Infinix Hot 9 Play, kamera keduanya mampu menciptakan rekaman video beresolusi 1080p di frame rate 30 FPS. Terdapat mode HDR, panorama, serta triple LED Flash. Pada bagian depan, di Infinix Hot 9 atau pun Infinix Hot 9 Play, juga ada kamera selfie, lengkap dengan Flash. Kamera depan ini mampu merekam video 1080p layaknya kamera belakang.

  1. Punch-Hole vs. Poni

Pengalaman menggunakan hp juga dipengaruhi oleh desain layar. Layar yang lega, tanpa gangguan dari desain yang lain tentu akan lebih memuaskan daripada layar yang sedikit tertutup desain yang lain.

Pada Infinix Hot 9, desain layar menggunakanpunch-hole sebagai tempat kamera depan disematkan. Jadinya, layar Infinix Hot 9 terlihat lebih luas. Tidak ada distraksi saat menonton video. Dan sebaliknya, Infinix Hot 9 Play mengusung desain layar poni tetesan air. Jadinya layar sedikit terdistraksi tempat kamera depan ini. Padahal, hp keluaran 2020 sudah pada menggunakan desain punch-hole.

  1. Ukuran Baterai

Fitur inilah yang lebih unggul pada tipe terbarunya. Ya, Hot 9 Play unggul dalam hal ukuran baterai, yakni berkapasitas sebesar 6000 mAh. Sementara Hot 9 masih menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Untuk konektivitas pengisian baterai, keduanya masih menggunakan microUSB 2.0. Meskipun kecepatan transfernya lebih lambat dari USB tipe-C, tapi banyak kalangan mengatakan wajar. Sebab microUSB memang masih banyak ditemukan golonga ponsel low-end.

  1. Varian RAM dan Memori Internal

Di atas sudah disinggung, Infinix Hot 9 Play menggunakan RAM kecil, yaitu RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. Sementara Infinix Hot 9 RAM 4 GB dan memori internal 128 GB. Hal ini jelas membuat Infinix Hot 9 lebih unggul. Akan tetapi meskipun begitu harus dilihat lagi, Infinix Hot 9 Play menggunakan jenis Android versi ringan, jadinya memang cocok dengan RAM yang kecil. Penyematan eksternal memori pada keduanya, yang bisa mencapai 256 GB, tentu bisa menjadi nilai tambah.

Itu dia 7 perbedaan Infinix Hot 9 dan Infinix Hot 9 Play. Pilihan ada pada Anda, jika Anda hendak memilih salah satunya. Anda bisa cari ‘aman’ dengan memilih Infinix Hot 9, karena spesifikasinya yang mumpuni. Atau Anda bisa memilih Infinix Hot 9 Play jika ingin punya hp berkapasitas baterai yang besar dan android yang ringan. Keduanya sama-sama dibanderol dengan harga yang terjangkau.[Ars]